Search

China Kembangkan Obat dan Kosmetik dari Kecoak, Berani Pakai? - Suara.com

Suara.com - China Kembangkan Obat dan Kosmetik dari Kecoak, Berani Pakai?

Kecoak rupanya menjadi tren baru bagi gaya hidup manusia modern. Setelah susu kecoak diprediksi laris sebagai superfood, ada pula obat dan kosmetik yang sedang dikembangkan dari kecoak.

Seorang profesor di Universitas Pertanian Shandong yang juga pemimpin Asosiasi Serangga di provinsi Shandong, China, Liu Yusheng, mengatakan kecoak adalah obat ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit lebih cepat dibanding obat lain.

Kecoak bubuk biasa digunakan untuk mengobati luka bakar di beberapa rumah sakit di China. Sementara di Korea, krim kecoak bisa disulap sebagai masker wajah.

Bukan itu saja, China juga meneliti penggunaan sirup kecoak sebagai obat maag dan TB paru!

Tentu saja, kecoak yang digunakan bukan kecoak sembarangan. Kecoak jenis Periplaneta americana atau yang jamak dikenal sebagai kecoak Amerika kini digunakan sebagai bahan dalam obat dan kosmetik.

"Itu bukan seperti kecoak-kecoak yang Anda lihat di rumah, mereka itu kecoak Jerman. Ada ratusan spesies kecoak tapi cuma jenis ini yang punya nilai medis. Ini asli dari provinsi Guangdong," kata Wang Fuming, peternak kecoak kenamaan dari provinsi Shandong, China pada Telegraph.

Sejak 2011-an, permintaan kecoak di peternakan Wang melonjak. Peternakan Wang bisa panen sampai lebih dari 100 ton kecoak setahun.

Kecoak-kecoak dibunuh sebelum mencapai usia empat bulan karena saat itu sayapnya akan tumbuh sempurna dan mereka akan bisa terbang. Caranya, kecoak-kecoak akan dimasukkan dalam sebuah panci besar dan direbus.

Kecoak Jerman, Blattella germanica. [Shutterstock]
Kecoak kini laris digunakan sebagai bahan obat hingga kosmetik. [Shutterstock]

Wang menghabiskan 160.000 euro (setara Rp 2,4 miliar) untuk membangun peternakan kecil termasuk menyelimuti ruangan dengan plastik supaya kecoak tidak kabur.

Tapi tiap tahun dia meraup keuntungan setidaknya Rp 500 juta sampai Rp 1,4 miliar.

Istri Wang, Li Wanrong, mengaku rambutnya yang sempat botak jadi tumbuh sehat setelah membuat larutan semprot dari kecoak.

"Aku mengaplikasikannya dari kulit kepala. Rambutku tumbuh lagi. Aku juga pakai masker wajah kecoak, orang-orang bilang aku awet muda," ujarnya.

Bagaimana dengan Anda? Berani mencoba menggunakan obat dan kosmetik yang dibuat dari kecoak? [Antara]

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
January 11, 2020 at 04:50PM
https://ift.tt/30gYw9l

China Kembangkan Obat dan Kosmetik dari Kecoak, Berani Pakai? - Suara.com
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Kembangkan Obat dan Kosmetik dari Kecoak, Berani Pakai? - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.