Search

Dulu Harus Konsumsi Belasan Obat, Yacob Bangkit Karena Triatlon - Jawa Pos

JawaPos.com-Yacob Effrien didiagnosis mengidap purpura trombositopenik idiopatik atau immune thrombocytopenic purpura (ITP). Sebuah penyakit langka yang punya peluang kesembuhan hanya 5 persen. Namun, dia berhasil membuktikan, olahraga dan diet yang tepat bisa membawanya pada kesembuhan.

”Awalnya ya hanya olahraga ala kadarnya,” ucap Yacob. Berat tubuhnya mencapai 100 kilogram tak membuatnya risau. Semuanya berubah saat ITP bersaran.

Sistem imunnya sendiri malah menyerang trombosit yang dibutuhkan tubuh. Alhasil, penyakit langka tersebut mengakibatkan Yacob memiliki angka trombosit yang sangat rendah terus-menerus.

Dengan angka normal 140.000 hingga 400.000 sel, Yacob bisa hanya memiliki 10.000 hingga 20.000. ”Rasanya hidup selalu penuh ketakutan,” jawabnya, kemudian tersenyum. Yacob mulai melakukan pengobatan hingga ke luar negeri.

Tiap hari, Yacob bisa mengonsumsi 10 hingga 15 butir obat. ”Dan harus rutin cek darah, kalau misal trombositnya rendah ya dosis bisa dinaikkan,” kenangnya. Pengobatan selama 6 bulan itu tak berhasil menyembuhkan dirinya.

Sejak itu, Yacob memutuskan membuang semua obat-obatan dan mulai menegakkan gaya hidup sehat. Sebuah langkah yang baginya tak main-main. ”Saya mulai lirik triatlon karena butuh latihan tiap hari kan,” jawabnya.

Agar terpacu, Yacob mulai ikut latihan dengan komunitas. Beragam acara juga mulai diikuti, dari jarak paling pendek hingga kini berhasil melahap jarak half Ironman (berenang 1,9 km, bersepeda 90 km, dan berlari 21 km).

Menu latihannya kini sudah teratur. Setiap minggu, Yacob harus mengalokasikan waktu hingga 12–14 jam yang dibagi dalam 3 sesi, yaitu renang, sepeda, dan lari. Pria yang berdomisili di Malang itu pasti berlatih di pagi dan sore hari. Jika sesi pagi sudah digunakan untuk berenang, Yacob biasanya berlatih sepeda atau lari.

Untuk menghemat waktu, Yacob menyediakan kamar gym khusus di rumahnya. Hampir 70 persen sesi latihan dilakukan di rumah. ”Jadi nggak perlu terlalu banyak keluar rumah untuk latihan,” katanya.

Yacob mengubah kamar khusus tersebut menjadi gym yang dilengkapi dengan audio dan TV besar. Dengan begitu, dia tak latihan sambil kebosanan. ”Efisien lho. Dengan smart trainer kita juga bisa atur tantangannya seberapa,” sambungnya.

Selain pola latihan yang teratur, Yacob tak bisa dilepaskan dengan makanan sehat. Jurus utamanya adalah memperbanyak minum beet juice dan mengurangi goreng-gorengan. ”Sekarang sebisa-bisanya kurangi daging sapi. Lalu banyakin buah, sayur, dan kacang-kacangan,” ucapnya.

Kini, Yacob sudah dinyatakan bebas dari ITP. Trombositnya sudah stabil di angka normal. ”Ini yang bikin diri sendiri sangat bangga,” jawab pria kelahiran 1975 itu. Yacob berbangga bisa menahbiskan diri sembuh tanpa obat-obatan.

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
January 13, 2020 at 04:42PM
https://ift.tt/2tXfw8I

Dulu Harus Konsumsi Belasan Obat, Yacob Bangkit Karena Triatlon - Jawa Pos
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dulu Harus Konsumsi Belasan Obat, Yacob Bangkit Karena Triatlon - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.