Search

Mengenal GHB, Obat yang Dipakai Reynhard Sinaga Lumpuhkan Korban - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Kasus Reynhard Sinaga yang dihukum seumur hidup oleh Pengadilan Inggris masih hangat diperbincangkan publik. Menurut hakim, Reynhard telah terbukti bersalah karena memperkosa 48 pria. Diperkirakan korban aksi Reynhard mencapai 195 orang.

Sebelum melaksanakan aksinya, Reynhard memberikan minuman bercampur zat kimia GHB atau gamma hydroxybutyrate ke dalam minuman korban. Melansir dari situs The Guardian, seorang ahli toksik forensik Simon Elliott menjelaskan bahwa GHB termasuk salah satu obat yang digunakan untuk chemsex atau seks di bawah pengaruh obat.

Salah satu efek dari GHB adalah anterograde amnesia, dimana seseorang tidak dapat membuat kenangan baru ataupun mengingat apapun selama di bawah pengaruh obat. “Sekitar 15 menit setelah mengambil satu dosis kecil (sengaja atau tidak), seseorang mungkin tertidur lelap atau bahkan tidak sadarkan diri, dan mungkin tidak dapat mengingat apapun selama tujuh jam,” kata Elliott.

Salah satu pihak kepolisian di Manchester mengatakan bahwa GHB bisa didapatkan secara mudah dari Cina. Obat itu bisa dibeli secara online dengan harga yang cukup murah, lima liter GHB pun hanya senilai Rp 5,5 juta saja. “Padahal hanya dibutuhkan satu mililiter saja untuk menjatuhkan korban,” katanya.

Melansir dari situs Irish Times, salah satu korban yang sadar juga mendeskripsikan bentuk dari GHB. Menurut kesaksiannya, GHB seperti air larutan garam yang bening. “Jadi air dengan larutan di dalamnya, seperti garam. Tapi tidak sebening air putih ataupun sekeruh air garam. Setelah minum, langsung tidak sadar lagi,” katanya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | THEGUARDIAN | IRISHTIMES

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
January 09, 2020 at 07:10PM
https://ift.tt/30apeAr

Mengenal GHB, Obat yang Dipakai Reynhard Sinaga Lumpuhkan Korban - Tempo
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal GHB, Obat yang Dipakai Reynhard Sinaga Lumpuhkan Korban - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.