Search

Obat Modern Asli Indonesia Bantu Kurangi Impor Bahan Baku - Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya Dexa Group melakukan hilirisasi hasil riset obatnya berupa Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang berdaya saing tinggi kini banyak diresepkan oleh para dokter untuk pasien di Indonesia.

Obat hilirisasi hasil riset yang dilakukan sejak 2011 ini telah menghasilkan sedikitnya 18 obat bernomor izin edar Fitofarmaka dan produknya juga telah diekspor ke empat benua di Afrika, Amerika, Asia, dan Eropa.

Namun, upaya ini perlu lebih ditingkatkan penggunaannya, khususnya bagi pengguna di fasilitas kesehatan formal.

Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Prof. Bambang PS Brodjonegoro dalam kunjungan kerja ke Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS) Dexa Group, Rabu, 8 Januari 2020 menyampaikan apresiasinya kepada Dexa Group yang telah mengupayakan penelitian dan pengembangan produk farmasi menjadi produk yang keunggulan kualitasnya diakui secara internasional dan berdaya saing.

“Langkah ini merupakan wujud hilirisasi industri seperti yang diharapkan oleh pemerintah. Saya melihat Dexa Group telah menghasilkan produk riset dan teknologi yang inovatif berbahan baku keanekaragaman sumber daya biodiversitas asli Indonesia," ujar Bambang.

"Tentunya ini menjadi peran pemerintah untuk membantu hilirisasi industri agar semakin banyak dikonsumsi, dalam hal ini kami akan mengusulkan penggunaan obat-obatan Fitofarmaka di program kesehatan Pemerintah JKN,” kata Prof Bambang.

Pimpinan Dexa Group Ferry Soetikno menyatakan, salah satu peran Dexa Group sebagai
industri farmasi adalah mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan kemandirian bahan baku obat-obatan melalui penelitian dan pengembangan produk obat modern asli Indonesia (OMAI) yang dilakukan di DLBS.

“Dexa Group berkomitmen untuk terus berinovasi dalam hal riset dan penggunaan teknologi, ini juga merupakan cara membantu pemerintah untuk mendukung percepatan kemandirian bahan baku farmasi yang telah tertuang pada INPRES 6 Tahun 2016,” kata Ferry Soetikno.

Baca: Menristek Dorong Kolaborasi Riset Indonesia dengan Luar Negeri

Executive Director DLBS Dr. Raymond Tjandrawinata mengatakan, DLBS sebagai organisasi riset bahan alam hingga saat ini telah meneliti dan memproduksi bahan baku aktif obat herbal.

Upaya ini kikut mendorong kemandirian bahan baku obat nasional sekaligus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia karena memberdayakan para petani hingga ke distributor.

Baca: 10 Perguruan Tinggi Masuk Daftar Kampus dengan Penelitian Terbaik di Indonesia

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
January 09, 2020 at 04:15PM
https://ift.tt/35xqSgt

Obat Modern Asli Indonesia Bantu Kurangi Impor Bahan Baku - Tribunnews.com
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Obat Modern Asli Indonesia Bantu Kurangi Impor Bahan Baku - Tribunnews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.