Search

Obat Hampir Kedaluwarsa Ada di Puskesmas - https://ift.tt/2hQ4jNJ

Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Masyarakat Rejang Lebong (RL) harus teliti saat mendapatkan obat dari puskesmas yang ada di RL. Pasalnya, ditemukan adanya kebutuhan medis yang sudah kedaluwarsa dan obat mendekati masa kedaluwarsa namun masih ada di puskesmas di RL.

Diantaranya adalah Aqua Air untuk Injeksi yang masa kedaluwarsanya pada bulan Februari 2020 ini, kemudian Ondanceneron Injeksi pada Maret, Allopurinol Tablet pada April 2020, Paracetamol tablet pada April 2020, Contrimosazole juga pada April 2020 dan sejumlah jenis obat lainnya yang juga memiliki masa kedaluwarsa sampai April 2020.

Menurut salah seorang petugas medis di puskesmas yang namanya enggan disebutkan, obat-obatan itu berasal dari Dinas Kesehatan RL.

“Kita tidak tahu bagaimana pengawasan atau perencanaan disana (Dinkes,red) pak, tapi ini ada beberapa jenis obat yang masa kedaluwarsanya di Maret dan April,” kata petugas medis, (03/02).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan RL, Syamsir saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui dan belum juga mendapatkan laporan terkait adanya obat yang sudah kedaluwarsa tersebut. Menurutnya, sebelum didistribusikan seluruh tanggal kedaluwarsa obat selalu dilihat terlebih dahulu.

“Nanti akan saya cek lagi, saya belum ada laporannya. Seharusnya obat yang didistribusikan itu yang masuk duluan harus digunakan duluan. Sehingga tidak sampai kedaluwarsa, tapi kalaupun memang ada nanti akan kami tarik,” ungkap Syamsir.

Ia juga meminta kepada pihak puskesmas di seluruh RL melakukan pengecekan kembali untuk memastikan tanggal kedaluwarsanya. Jika ditemukan maka harus dipisahkan terlebih dahulu, dan tidak diberikan kepada masyarakat yang menggunakan pelayanan kesehatan di puskesmas.

Karena, jika mengonsumsi obat yang sudah kedaluwarsa menurut Syamsir bisa membahayakan kesehatan pasien.

“Kalau ada yang kedaluwarsa pisahkan dan jangan sampai diberikan ke pasien. Itu bisa menjadi racun, sangat berbahaya untuk kesehatan,” tegasnya.

Ia mengimbau juga kepada masyarakat untuk ikut melakukan pengecekan terhadap tanggal kedaluwarsa atau masa berlaku obat. Sehingga pengawasannya juga datang dari masyarakat.

“Masyarakat kita anjurkan juga untuk ikut mengeceknya, kalau sudah kadaluarsa jangan diterima,” pungkas Syamsir. [Julkifli Sembiring]

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
February 03, 2020 at 10:58AM
https://ift.tt/3b6AxyD

Obat Hampir Kedaluwarsa Ada di Puskesmas - https://ift.tt/2hQ4jNJ
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Obat Hampir Kedaluwarsa Ada di Puskesmas - https://ift.tt/2hQ4jNJ"

Post a Comment

Powered by Blogger.