Search

Amerika Mulai Teliti Chloroquine Sebagai Obat Covid-19 - ayobandung.com

NEW YORK, AYOBANDUNG.COM -- Obat anti malaria hydroxychloroquine atau yang dikenal klorokuin menjadi perbincangan beberapa minggu terakhir. Kandungan ini disebut-sebut bisa digunakan sebagai obat alternatif menyembuhkan Covid-19.

Meski begitu, sayangnya belum ada penelitian terkait yang bisa membuktikan hal tersebut. Karena itulah sebuah penelitian akan dilakukan untuk melihat bisakah obat ini dikonsumsi untuk mencegah penularan Covid-19.

AYO BACA : Jokowi Ingatkan Chloroquine Bukan Obat Utama Covid-19

Diwartakan laman Livescience, Selasa (31/3/2020), penelitian akan dilakukan oleh peneliti di New York dan Washington, dengan mendaftarkan 2.000 orang peserta yang pernah kontak dekat dengan pasien positif Covid-19.

Peserta nantinya secara acak diminta untuk mengonsumsi klorokuin atau pil plasebo selama dua pekan berturut-turut. Lalu setiap harinya mereka akan diuji pengecekan Covid-19. Demikian sebagaimana diungkap perwakilan University or Washington (UW) yang berkolaborasi dengan New York University (NYU).

AYO BACA : Bukan untuk Cegah Covid-19, Masyarakat Diminta Tak Borong Chloroquine

Uji coba ini akan berlangsung selama 8 pekan, dengan target peneliti akan mendapatkan hasil pada musim panas mendatang.

"Saat ini, tidak ada cara yang terbukti ampuh mencegah Covid-19 usai terpapar virus," kata Anna Bershteyn, Asisten Profesor Kesehatan Masyarakat NYU.

"Jika hydroxychloroquine bisa mencegah, maka itu bisa menjadi obat penting untuk memerangi pandemi ini. Jika tidak, maka orang-orang harus menghindari risiko dan tidak perlu meminum obat," sambungnya.

Klorokuin adalah obat yang digunakan untuk mencegah atau mengobati malaria, dan satu teori menyatakan klorokuin bisa mencegah virus corona memasuki sel di tubuh. Obat tersebut juga digunakan untuk mengobati gangguan autoimun, rheumatoid arthritis dan lupus.

Di Indonesia sendiri, Presiden Joko Widodo telah membeli dan memesan klorokuin sebanyak 3 juta buah. Alasan pembelian, karena obat itu disebut ampuh mengobati mereka yang terinfeksi virus Corona dan berhasil pulih di 3 negara.

AYO BACA : Kina Berpotensi Jadi Obat Corona?

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
March 31, 2020 at 11:42AM
https://ift.tt/3bJEw3T

Amerika Mulai Teliti Chloroquine Sebagai Obat Covid-19 - ayobandung.com
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Amerika Mulai Teliti Chloroquine Sebagai Obat Covid-19 - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.