Search

Pangeran Charles Dikabarkan Sembuh, Ketahui Obat Apa Saja untuk Covid-19 - Suara.com

Suara.com - Kabar mengenai putra Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, sembuh dari Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru justru membuat masyarakat sangsi. Pasalnya, suami dari Camilla Parker Bowles tersebut baru menjalani masa karantina selama lima hari di rumahnya di Skotlandia.

Sebuah keterangan yang diklaim berasal dari Clarence House menyebut sang pangeran telah dua kali dites Covid-19 dan hasilnya negatif.

"Setelah berkonsultasi dengan dokternya, Pangeran Charles tidak lagi dikarantina," tutur seorang sumber kerajaan Inggris, dilansir novinite.com.

Terlepas dari benar atau tidaknya kabar tersebut, beberapa waktu belakangan ini sudah cukup banyak pasien yang telah sembuh dari virus corona baru meski belum ada obat maupun vaksin untuk penyakit ini.

Untuk mengatasinya, dokter menggunakan sejumlah obat eksperimental yang sudah diuji terlebih dahulu.

Pangeran Charles. (Twitter/@ClarenceHouse)
Pangeran Charles. (Twitter/@ClarenceHouse)

Dilansir Live Science, berikut beberapa obat tersebut:

1. Avigan atau Favipiravir

Obat yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical di Jepang ini telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam mengatasi Covid-19 untuk kasus paling ringan.

Avigan telah digunakan di Jepang untuk mengobati influenza dan telah disetujui sebagai obat eksperimental pada Februari 2020 untuk infeksi Covid-19.

Antivirus ini bekerja dengan mencegah virus tertentu bereplikasi dan dinilai telah memperpendek durasi virus serta meningkatkan kondisi paru-paru pasien yang dites. Namun, ini belum diterbitkan dalam jurnal sains.

2. Klorokuin dan hidroksiklorokuin

Kedua telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sebagai obat malaria, lupus, dan rheumatoid arthritis. Pada pengujian terhadap sel manusia dan primata, obat ini juga dapat mengatasi Covid-19 secara efektif.

Klorokuin juga digunakan pada kasus SARS, yang berkaitan erat dengan SARS-CoV-2.

Cara kerjanya adalah dengan mengganggu kemampuan virus untuk masuk dan mereplikasi dalam sel manusia. Hal ini juga berlaku pada obat turunannya, hidroksiklorokuin.

Sejumlah dokter di China, Korea Selatan, Prancis dan AS telah memberikan obat ini pada pasien virus corona baru. Sedangkan FDA tengah melakukan uji klinis terkait obat ini.

3. Remdesivir

Obat ini awalnya diuji pada Ebola, namun ternyata tidak begitu efektif. Namun, pada uji laboratorium antivirus ini justru terbukti efektif dalam menghambat pertumbuhan virus corona SARS dan MERS.

FDA pun telah menyetujui penggunaan remdesivir sebagai 'penggunaan penuh kasih', yang artinya obat ini hanya digunakan pada pasien Covid-19 parah.

4. Lopinavir dan Ritonavir

Dalam data baru dari China yang terbit pada 18 Maret 2020 di New England Journal of Medicine, dokter tidak dapat mendeteksi manfaat dari kombinasi obat HIV ini terhadap pasien.

Sejumlah 199 pasien dengan kadar oksigen rendah secara acak menerima obat antivirus kaletra atau plasebo ini. Tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Namun, penelitian lain masih berlangsung, dan masih ada kemungkinan lopinavir dan ritonavir dapat menunjukkan beberapa manfaat. Seperti antivirus lain, obat ini kemungkinan bekerja lebih baik jika diberikan lebih awal pada pasien.

5. Losartan

Ini adalah obat generik untuk tekanan darah. Cara kerjanya adalah dengan memblokir reseptor, atau pintu masuk ke se, yang mana akan dimasuki oleh angiotensin II. Kemudian bahan kimia ini akan meningkatkan tekanan darah.

SARS-CoV-2 berikatan dengan reseptor angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2), sehingga kemungkinan losartan dapat memblokir reseptor-reseptor tersebut sehingga akan mencegah virus menginfeksi sel.

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
March 31, 2020 at 10:42AM
https://ift.tt/3ax8W94

Pangeran Charles Dikabarkan Sembuh, Ketahui Obat Apa Saja untuk Covid-19 - Suara.com
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pangeran Charles Dikabarkan Sembuh, Ketahui Obat Apa Saja untuk Covid-19 - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.