Search

Obat Corona Dijual Online, Pakar: Jangan Tertipu - detikFinance

Jakarta -

Di tengah ramainya virus corona, banyak toko online di Indonesia menjual berbagai obat yang mengatas namakan 'obat virus corona'. Belum diketahui apakah obat tersebut punya pengaruh atau tidak.

Terkait hal itu, Ketua Pusat Kajian Kesehatan (Puskakes) UHAMKA M Bigwanto mengatakan belum ditemukan obat spesifik untuk mengatasi virus corona. Selama ini pasien hanya diberikan obat pneumonia dan antiretroviral (ARV) karena memiliki gejala yang sama.

"Obat spesifik untuk COVID-19 belum ditemukan. Selama ini treatmennya dikasih obat yang sama dengan obat pneumonia (karena gejalanya sama) dan ARV. Tapi efektifitas ARV ini belum ada bukti ilmiahnya. Hanya case by case," kata Bigwanto kepada detikcom, Senin (2/3/2020).

Untuk itu, Bigwanto menghimbau kepada masyarakat jangan percaya dengan obat virus corona yang beredar.

"Masyarakat nggak perlu panik dan jangan tertipu dengan iklan obat di online, karena sampai sekarang obat spesifik untuk COVID-19 belum ada," ucapnya.

Untuk mencegah virus corona, Bigwanto mengajak masyarakat untuk implementasikan hidup bersih dan sehat. Hal itu bisa dilakukan dengan cara cuci tangan sebelum dan sesudah makan, perbanyak makan buah dan sayur, hingga hindari banyak bersentuhan dengan sesama manusia.

"Implementasikan perilaku hidup bersih dan sehat: cuci tangan, makan buah dan sayur, perkuat sistem imun tubuh dan sementara ini hindari kontak langsung seperti jabat tangan atau cipika-cipiki dengan orang lain," jelasnya.

Simak Video "Peneliti Klaim Lintah Bisa Bantu Cegah Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

Let's block ads! (Why?)



"obat" - Google Berita
March 02, 2020 at 02:11PM
https://ift.tt/3aqjhU5

Obat Corona Dijual Online, Pakar: Jangan Tertipu - detikFinance
"obat" - Google Berita
https://ift.tt/2ZVlmmO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Obat Corona Dijual Online, Pakar: Jangan Tertipu - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.